Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 7 / 8 / 10.  Nah, Waktu itu saya pernah menghapus sebuah file yang saya anggap tidak dibutuhkan pada saat itu, tapi setelah beberapa hari file tersebut nggak tahunya dibutuhkan kembali. Yah, Akhirnya file yang sudah hilang permanen deh karena di recycle bin juga sudah saya bersihkan semuanya jadi saya tidak yakin file yang sudah dihapus dari Recycle Bin dapat dikembalikan lagi. Tapi setelah mencari bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop akhirnya file yang sudah saya hapus dapat dikembalikan ke tempat semula tanpa terjadi corrupt pada file tersebut.Nah, bagi anda yang mengalami masalah seperti ini maka tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang dapat kita gunakan lho.

1. Cara mengembalikan file yang terhapus dengan recuva


Cara pertama yang dapat kita gunakan yaitu dengan menggunakan tambahan software Recuva Wizard.

Software ini sudah saya install di versi windows 7 dan windows 10 dan dapat dijalankan dengan normal, sedangkan windows 8 sudah pasti juga support bila diinstall software yang satu ini. Software ini fungsinya adalah mengembalikan file yang sudah terhapus permanen, semua file dapat dikembalikan diantaranya : doc, gambar, video, musik, dokumen dan masih banyak lagi. Oke langsung saja.

  1. Silahkan anda download software recuvanya gratis di website filehippo.com/download_recuva/ atau klik di sini. Setelah itu, install softwarenya.
  2. Setelah terinstall, kemudian anda buka.
  3. Pertama kali anda akan dihadapkan dengan dialog welcome to the recuva wizard, klik saja next.
  4. Nah, di sini anda tentukan jenis file (file type) yang ingin dikembalikan. (Misalnya : ingin mengembalikan gambar, maka pilih picture) lalu klik next.
  5. Jika, anda mengetahui dimana drive/lokasi tersimpannya file yang sebelumnya terhapus maka sebaiknya klik saja pada In a specific location supaya proses pencarian lebih cepat. Jika tidak tahu/lupa di mana tersimpannya file yang sebelumnya terhapus. anda pilih saja I'm Not Sure lalu klik next.
  6. Selanjutnya anda beri centang pada Enable Deep Scan, supaya scanningnya lebih akurat atau filenya dapat ditemukan dan dapat dikembalikan. Jika anda tidak memberi centang biasanya file yang dicari tidak ditemukan.
  7. Tunggulah hingga proses scanning selesai. Pada langkah ini anda harus bersabar menunggu. Lamanya scanning tergantung dari ukuran, jenis, dan banyaknya file-file yang anda cari.
  8. Langkah terakhir pilih file >> klik recover >> pilih tempat di mana file tersebut akan di kembalikan.
Nah bagi anda yang masih belum jelas dengan langkah-langkah atau penjelasan di atas, anda tidak perlu khawatir karena ada juga tutorial versi video jadi silahkan saja anda ikuti langkah-langkah seperti di video di bawah ini.

2. Cara kedua yaitu Mengembalikan File yang Terhapus tanpa software.

  • Pertama, anda klik /pilih pada folder tempat tersimpannya file yang dihapus sebelumnya.
  • Kemudian, Klik kanan foldernya lalu klik Restore previous.
  • Pilih tanggal yang di mana pada tanggal tersebut file anda masih ada atau belum terhapus.
  • Setelah itu klik restore, kemudian akan muncul dialog "previous versions" anda klik restore.
  • Jika muncul pesan "The folder has been succefully restored to the previous versions" berarti file anda sudah dikembalikan. Silahkan cek folder dan file anda sudah kembali.
Demikianlah ulasan artikel tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda sekalian. Silahkan berkomentar di bawah ini jika ada yang ingin anda tanyakan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop"

Posting Komentar