Cara Masuk Safe Mode Windows 7


Cara Masuk Safe Mode Windows 7
- Hai sobat, dikarenakan banyak yang bertanya kepada saya, dari beberapa artikel sebelumnya, saat mereka hendak melakukan perbaikan pada saat Komputer/Laptop-nya mengalami trouble. Mereka ada yang kesulitan pada saat melakukan booting untuk masuk ke Safe Mode, mungkin salah atau mengalami keterlambatan yang mengharuskan meng-restart kembali, ataukah memang mereka benar-benar tak dapat mengakses Safe Mode itu sendiri.


Apa itu Safe Mode ?


Safe Mode adalah opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang diaktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Kemudian saat sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.










Safe mode sendiri sangat berguna untuk memperbaiki trouble pada Komputer Anda. Fitur ini disediakan di sistem operasi Windows, untuk bermacam-macam tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem operasi windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya.

Salah satu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem operasi windows. Yaitu sistem operasi Microsoft Windows Vista, XP, 7 dan 8. Namun kebanyakan dari orang masih memakai system operasi Windows XP dan 7. Inilah yang akan saya bahas dalam postingan ini. Maka dari itu, Fitur ini disediakan oleh microsoft untuk digunakan jika terjadi kerusakan atau kegagalan pada sistem sehingga dengan menggunakan safe mode ini, kita dapat menjalankan komputer kita dengan fitur yang seminimal mungkin jadi kita dapat mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada komputer atau laptop kita. Biasanya terjadi setelah komputer anda terkena BSOD – Blue Screen of the dead.

Inilah Manfaat Safe Mode :

  1. Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah diinstall program tertentu windows bermasalah, maka jika tak dapat diuninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.
  2. Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untuk memudahkan setelah masuk ke Safe Mode, dapat menggunakan aplikasi Autoruns. Teknik ini juga dapat dimanfaatkan untuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tak ada Autoruns, dapat mengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
  3. Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Saat tampilan windows bermasalah, dapat dicek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak terdapat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  4. Menghapus file/virus yang tidak dapat melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih dapat dijalankan di safe mode, dan dapat dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yang dapat berjalan/aktif meski di Safe Mode.
  5. Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem dapat dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  6. Menjalankan bermacam-macam fitur dari Control Panel, Administrative tools dll.
  7. Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.
Umumnya cara yang paling umum untuk dapat mengakses Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 pada saat booting setelah proses post berlangsung. Sebelum Logo Windows akan muncul.
Seperti cara berikut ini untuk dapat masuk ke safe mode :

  1. Nyalakan/Restart Komputer / Laptop anda.
  2. Langsung tekan-tekan F8 pada keyboard.
  3. Jika anda tak berhasil masuk ke tampilan ‘Advanced boot options’, maka anda terlambat dalam menekan tombol F8. Ulangi restart komputer dan coba lagi.jika anda sudah berhasil masuk.

Ada 3 jenis safe mode, pilih sesuai kebutuhan berikut :
  • Safe Mode → Membuka windows safe mode tanpa koneksi internet/jaringan.
  • Safe Mode with Networking → Menyertakan jaringan, berfungsi jika anda ingin melakukan perbaikan dengan memanfaatkan jaringan (networking).
  • Safe Mode with Command Prompt → Mode safe mode ini akan membuka CMD dari pada explore.

Selesai, sekarang anda dapat mengatasi masalah pada komputer melalui safe mode.

Namun jika kita tidak dapat mengakses safe mode dengan menggunakan tombol F8 ? Ini dapat saja terjadi karena adanya virus atau keyboard yang mengalami kerusakan sehingga Tidak dapat masuk Windows safe mode

Nah berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan tanpa harus menekan F8 :


A. Booting Safe Mode tanpa Menekan F8 Windows XP

  1. Klik start
  2. Kemudian ketikkan msconfig di dalam kolom RUN
  3. Tekan Enter atau klik OK
  4. Setelah itu, pindah tab BOOT.INI
  5. Berikan centang/ceklis pada MINIMAL dan SAFEBOOT
  6. Kemudian Klik Apply dan setelah itu klik OK
  7. Restart komputer untuk masuk ke Safe mode

Untuk mengembalikannya seperti semula tinggal ulangi saja langkah-langkah di atas, Lepaskan centang/ceklistnya. Kemudian klik OK kembali, nanti akan ada pilihan apakah anda ingin restart komputer, pilih saja restart.


B. Booting Safe Mode tanpa Menekan F8 Windows 7

  1. Klik Windows+R atau klik start
  2. Ketikkan msconfig pada kolom tersebut tekan enter atau klik OK
  3. Klik Tab Boot
  4. Klik OK
  5. Restart Komputer untuk melakukan safe mode otomatis

Untuk pengguna windows 7 apapun ( home, basic, premium, profesional, ultimate ) jika tidak dapat mengakses windows safe mode dengan tombol F8. ada cara yang cukup mudah yang dapat kalian lakukan. tahap pertama adalah klik START lalu pilih RUN. atau tekan logo windows + R pada keyboard anda. maka akan muncul kotak dialog run, lalu ketikkan “msconfig“ dan tekan tombol Enter.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Masuk Safe Mode Windows 7"

Poskan Komentar