Pengertian Error 0xc00007b dan Cara Mengatasinya

Pengertian Error 0xc00007b dan Cara Mengatasinya - Saat ini, sistem operasi atau lebih dikenal dengan sebutan OS Windows merupakan sistem operasi terpaling populer di dunia. Dibuktikan dengan beberapa versi Windows terbaru yang dirilis dalam jeda waktu yang cukup singkat, dan untuk saat ini jumlah users Windows untuk masing-masing versi masih cukup banyak diminati. Beberapa pun masih menggunakan Windows 7 dan Windows 8, sementara sebagian yang lainnya yang cukup rajin telah melakukan pembaruan ke Windows yang lebih baru yaitu Windows 10. Tidak peduli versi mana yang Anda gunakan saat ini, error 0xc00007b merupakan jenis error yang cukup sering sekali terjadi di OS Windows saat Anda hendak menjalankan program-program tertentu dan cukup menjengkelkan bagi sebagian orang. Dalam artikel berikut, admin akan membahas mengenai definisi dari error 0xc00007b dan cara mengatasi error tersebut.

Apa itu error 0xc00007b?

Error 0xc00007b adalah suatu error yang penyebabnya karena ketidaklengkapan direktori program, kerusakan direktori program, atau file komponen yang tak sesuai. Error 0xc00007b biasa terjadi saat:
– Anda mencoba menjalankan program 32-bit di OS Windows 64-bit
– Anda menginstal file DLL yang salah
– Anda baru saja memperbarui sistem operasi
Ketika Anda menemui kode error 0xc00007b, sebuah kotak dialog akan muncul atau tampil di layar komputer dengan pesan sebagai berikut “aThe application was unable to start correctly (0xc00007b). Click OK to close the application”. Jik Anda meng-klik tombol OK, tentu saja aplikasi yang Anda coba buka/jalankan akan segera otomatis ditutup, Namun, Anda tak punya pilihan lain, bukan? Error 0xc00007b adalah sebuah error yang amat teramat menyebalkan (lebay) yang sangat menghambat kita dalam menjalankan aktivitas kita di depan PC. Error 0xc00007b dapat terjadi pada jenis aplikasi apapun, juga termasuk game. Nah gimana dong, bagaimana sih cara mengatasi error 0xc00007b?

Mimin punya beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error 0xc00007b. Cobalah Anda melakukan solusi-solusi berikut secara berurutan agar hasilnya mksimal.

Solusi 1

Pertama, Anda Restart komputer Anda. Kenapa? Sebagian aplikasi membutuhkan restart setelah instalasi untuk dapat berjalan/bekerja dengan sempurna.

Solusi 2

Sering ditemui kasus, error 0xc00007b disebabkan karena masalah pada .NET Framework yang sudah tidak terupdate/ketinggalan zaman (jadul) atau mengalami kerusakan (file hilang,virus). Solusinya, Anda dapat mencoba menginstal ulang .NET Framework versi terbaru di PC Anda.

Solusi 3

Saran saya, Cobalah menginstal ulang aplikasi yang mengalami error 0xc00007b. Kadang-kadang, masalah ini disebabkan karena proses instalasi yang tak sempurna, sehingga masih ada file-file data aplikasi yang rusak atau hilang.

Solusi 4

Nah, Dalam beberapa kasus, membuka aplikasi sebagai administrator (Run as Administrator) dapat memperbaiki masalah tersebut. Caranya, Klik kanan di aplikasi yang bermasalah tadi, pilih Properties, lalu anda pilih tab Compatibility. Berikan tanda centang pada kotak di samping tulisan “Run this program as an administrator”, kemudian anda klik OK.

Solusi 5

Ini nih yang sering terjadi, Driver jadul, Solusinya, Perbarui driver perangkat komputer anda dan sistem operasi untuk memastikan semua komponen yang dibutuhkan software/aplikasi yang Anda coba jalankan lengkap/tersedia. Nih perlu diingat, Ada kemungkinan aplikasi yang Anda coba buka tersebut kompatibel hanya dengan driver-driver model terbaru atau sistem operasi yang telah diperbarui. Hal ini bisa diatasi dengan mengaktifkan program Windows Update. Pastikan internet tetap terhubung ya

Solusi 6

Nah, Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi yang bermasalah tersebut. Ada kemungkinan lho aplikasi yang bermasalah tersebut merupakan versi lama atau jadul yang hanya kompatibel dengan sistem PC model lama.

Solusi 7

Kalau masih gagal, cobalah  menginstal ulang Microsoft Visual C++ dan DirectX. Dan Pastikan Anda menginstal versi yang tepat ya, tepat disini yaitu sesuai dengan sistem komputer Anda apakah support 32-bit atau 64-bit.

Solusi 8

Ada kemungkinan hard disk komputer Anda mengalami masalah. Untuk memeriksanya, Anda dapat mencari Command Prompt di dalam menu Start, lalu klik kanan di sana dan jalankan sebagai administrator (run as administrator). Kemudian, ketikkan perintah “chkdsk c: /f /r” untuk mengecek partisi disk C. Bila Anda mempunyai partisi disk lain seperti D atau E, Anda hanya mengganti perintah menjadi “chkdsk d: /f /r” atau “chkdsk e: /f /r”.

Solusi 9

Perlu diingat, Metode ini hanya bekerja/berhasil di sistem 64-bit. Anda akan mengganti file-file di direktori System32, jadi Anda perlu berhati-hati. Lakukan metode ini hanya jika Anda cukup yakin dengan apa yang akan Anda lakukan, dan jika metode-metode lain tak berhasil. Error 0xc00007b kemungkinan penyebabnya adalah karena Microsoft Visual C++ Redistributable Package tak dikonfigurasi dengan benar. Pertama, download file zip-nya disini, kemudian ekstrak isinya di sebuah folder. Reboot komputer Anda dalam Safe Mode, lalu buka direktori C:\Windows\System32. Salin semua file dari file zip tadi ke sini, menggantikan file-file yang telah ada. Terakhir, reboot komputer Anda secara normal.

Solusi 10

Yang terakhir, Backup semua data Anda, lalu instal ulang sistem operasi Windows Anda dengan versi dan pembaruan terbaru/up to date.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Error 0xc00007b dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar